PKK dilatih Kewirausahaan dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif

Tanggal : 30 Jan 2018 11:59 Wib



Ada yang berbeda di Pertemuan Rutin Tim Penggerak PKK Desa Karanganyar awal tahun 2018 ini. Bukan sekedar peretmuan rutin yang biasa digelar dan hanya diisi dengan agenda Arisan dan Peyampaian Laporan hasil Pertemuan dari Kecamatan. Namun kali ini diisi dengan Pelatihan.
Pelatihan yang bermateri tentang Kewirausahaan dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif diisi langsung oleh Bangun Wismo, sang creator "Sambel Knalpot" yang sangat kreatif dan inovatif. Bangun Wismo berhasil membawan nama baik Purbalingga dengan berbagai produk inovatif olahan makanan rumah tangga ke berbagai daerah di Jawa Tengah, bahkan sampai ke Istana Negara dan Mancanegara. 
Produk-produk kreatif unggulan yang berhasil dibuatnya antara lain Sambel "Knalpot", Wedang Menir "Gua lawa", Gula Kopi Ireng, Gula Temu Lawak, dan banyak produk lainnya yang semuanya berbahan baku dari potensi lokal di desa.
Kepala Desa Karanganyar, Tofik menyebutkan dalam sambutannya bahwa Pemdes berkomitmen untuk meningkatkan produktifitas ibu-ibu rumah tangga dengan meningkatkan kapasitasnya dengan berbagai pelatihan. "Kami sudah berkomitmen dengan mas Bangun Wismo untuk bersinergi dan berbagi. Beliau siap untuk mengajak dan membantu ibu-ibu di Desa Karanganyar menghasilkan nilai tambah dari rutinitasnya memasak di rumah. Saya berharap, pertemuan rutin PKK ini bukan hanya sebagai rutinitas formal, namun jadikan pertemuan ini sebagai media belajar berinovasi", kata Tofik.
Sementera Ketua Tim Penggerak PKK Desa Karanganyar, Yeni Ernawati menambahkan bahwa dengan adanya pelatihan yang menggandeng berbagai pihak, termasuk dengan mas Bangun Wismo, akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi kelompok Perempuan di Desa Karanganyar. Sehingga diharapkan kaum perempuan mampu meningkatkan produktifitasnya dan mempunyai nilai tambah. Sehingga tercipta kemandirian dan keharmonisan dalam rumah tangga. Dengan kemandirian rumah tangga, maka diharpakan terwujudnya masyarakat yang sejahtera.
"Kita berharap, pertemuan rutin setiap bulan akan diisi dengan pelatihan-pelatihan seperti sekarang ini." pungkasnya. (KRA-01)


Kegiatan Desa Lainnya

KIM Kulonprogo Studi Banding ke Karanganyar

Tanggal : 27 Apr 2018 00:00 Wib

“Lewat KIM, pemkab bisa menitipkan pesan untuk membendung berita hoaks, ujaran kebencian dan tulisan yang berbau SARA yang selama ini mewarnai beberapa laman di media sosial,” ujarnya. Sekretaris KIM Lentera…

DESA KARANGANYAR JUARA 1 LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN PURBALINGGA

Tanggal : 17 Apr 2018 00:00 Wib

Berkat usaha dan semangat pemerintah juga masyarakatnya, Desa Karanganyar berhasil masuk nominasi tiga terbaik dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten PurbalinggaTahun 2018. Bersaing dengan dua desa lainnya, Desa Rajawana Kecamatan Karangmoncol…

Pendamping Lokal Desa di Purbalingga, Gelar Pelatihan Siskeudes

Tanggal : 29 Jan 2018 00:00 Wib

Bertempat di Balai Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, Senin (29/01) Pendamping Lokal Desa menggelar pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Acara tersebut dihadiri sekaligus dibuka Sujatno S.Sos, Kasi Pemerintahan Kecamatan…

Tofik, Kades Kekinian yang Melek IT

Tanggal : 27 Jan 2018 17:00 Wib

Namanya cukup singkat “Tofik” kami biasa memanggil “Lik Topik” resmi menjadi Kepala Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, sejak satu tahun lalu, tepatnya dilantik pada tanggal16 Desember 2016…

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA code

No Comments Results.


Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 115
Pengunjung Bulan ini : 227
Total Pengunjung : 2902